Cara Pendaftaran dan Biaya Kuliah IUP UNDIP

Cara Pendaftaran dan Biaya Kuliah IUP UNDIP

Banyak mahasiswa mengeluhkan biaya kuliah IUP UNDIP yang terbilang lebih mahal dibandingkan kelas reguler. Padahal biaya ini sesuai dengan fasilitas yang akan didapatkan oleh seluruh mahasiswa dalam berbagai programnya.

Jika memikirkan mahalnya biaya kuliah saat ini di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, maka banyak siswa yang mengurungkan niatnya untuk berkuliah. Sehingga perjuangan dan usahanya akan menurun.

Selain itu, program IUP ini juga bukan jalur sembarangan karena ada serangkaian tes yang harus dilewati. Tes tersebut juga bukan sekedar tes tulis seperti pada jalur SBMPTN atau jalur nilai dan peringkat sekolah seperti SNMPTN.

Jalur IUP lebih dari jalur-jalur tersebut, sehingga Anda harus persiapkan semuanya dengan sangat matang, misal dengan mengikuti sarana Bimbel IUP yang ada di kota anda. Bagi Anda yang ingin segera mendaftarkan diri harus yakin dengan kemampuan anda.

Di bawah ini ad acara pendaftaran serta biaya kuliah IUP UNDIP, Semarang yang harus seluruh calon mahasiswa ketahui sebelum masuk dan berperang melawan semua musuh dari berbagai daerah bahkan negara.

Baca juga : Biaya Kuliah IUP UGM

Cara Pendaftaran Jalur IUP UNDIP

Persyaratan utama dari jalur IUP ini adalah siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat yang sudah lulus ujian di tahun 2021, 2020, dan 2019. Adapun untuk melakukan pendaftaran dengan cara di bawah ini.

  1. Peserta diminta untuk mendaftar menggunakan email untuk user
  2. Peserta melakukan pengisian data diri serta memilih jalur pilihan UM IUP yang diinginkan.
  3. Peserta harus membayar biaya pendaftaran yang tertera di halaman website resmi milik UNDIP pada bank tujuan yaitu BNI, BRI, BTN, dan Mandiri.
  4. Peserta mencetak kartu peserta yang didapatkan setelah melakukan ketiga cara di atas.
  5. Karena masa pandemi, maka peserta hanya dapat mengikuti ujian secara daring dan selanjutnya wawancara juga dilakukan secara daring.

Biaya Kuliah IUP UNDIP yang Perlu Diketahui

Untuk biaya kuliah IUP UNDIP secara umum terlihat tidak jauh berbeda yaitu berada di kisaran harga Rp15.000.000an sampai Rp20.000.000an. Namun, di UNDIP ada biaya UKT dan SPI yang membedakannya.

Dimana biaya UKT adalah biaya yang harus dibayarkan tiap semesternya, sedangkan biaya SPI dibayarkan di awal perkuliahan saja. Biasanya biaya SPI akan jauh lebih besar dibandingkan biaya kuliah per semester atau yang disebut dengan UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Jurusan Akuntansi, manajemen, ilmu komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Administrasi Bisnis, Hukum bagi mahasiswa dalam negeri, Teknik Sipi, Teknik Elektro, Teknik Industri, serta Perencanaan Wilayah dan Kota harus membayarkan biaya pendidikan sebesar Rp20.000.000.

Baca juga : Daya Tampung IUP UNAIR

Bagi mahasiswa asing dari luar negeri yang ingin mendaftarkan diri ke jurusan Hukum dikenakan biaya kuliah IUP UNDIP sebesar Rp25.000.000. Sedangkan jurusan lainnya dikenakan biaya di bawah Rp20.000.000 yaitu Rp15.000.000 dan Rp17.500.000.

Tidak ada perbedaan jadwal masuk kuliah antara kelas IUP dan kelas reguler di Universitas Diponegoro. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mendaftarkan diri menjadi salah satu mahasiswa IUP dengan mengikuti bimbel IUP agar lebih yakin saat ujian.

Selain itu, bimbel IUP sudah memahami bagian-bagian dari tes yang akan dilewati oleh peserta. Bahkan disaat diadakan tes FGD dalam bahasa Inggris, Anda akan mendapatkan latihan tersebut dengan mengikuti bimbel khusus.

Bimbel ini juga sekarang bisa didapatkan melalui cara daring atau online seperti yang kami sediakan. Anda akan mendapatkan pelatihan yang terbaik dan dengan percaya diri melewati setiap tes yang akan dilakukan dan diadakan.

Sehingga perjuangan mendapatkan kampus tujuan dengan bayang-bayang biaya kuliah IUP UNDIP yang mahal tidak lagi membuat Anda gentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *