Daya Tampung IUP UGM untuk Setiap Jurusannya

Daya Tampung IUP UGM untuk Setiap Jurusannya

Mengetahui seberapa banyak daya tampung IUP UGM penting diketahui setiap calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UGM. Sehingga Kamu bisa tahu nantinya seberapa ketat persaingan untuk seleksinya, dan bisa mempersiapkan diri dengan baik.

IUP UGM merupakan salah satu program kelas yang banyak diburu calon mahasiswa. Kelas internasional ini tidak tersedia di setiap kampus di Indonesia. UGM merupakan salah satu PTN terbaik yang rutin membuka kelas IUP tersebut untuk beberapa jurusan.

Jadi sebelum Kamu memutuskan untuk masuk program internasional UGM, lebih baik ketahui berapa daya tampung untuk setiap jurusannya. Dengan demikian Kamu bisa melihat seberapa besar peluang Kamu lolos ujian tersebut.

Daya Tampung IUP UGM dari Beberapa Fakultas

Hingga saat ini setidaknya ada 15 fakultas yang menghadirkan kelas internasional di UGM. Daya tampung untuk setiap fakultas tersebut juga berbeda – beda. Pada artikel ini informasi yang dirangkum hanya pada fakultas yang daya tampungnya terbesar saja.

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum merupakan salah satu fakultas favorit di UGM. Untuk program kelas IUP, fakultas hukum UGM membuka kuota sebanyak 80 siswa saja. Daya tampung ini merupakan salah satu yang paling banyak dibanding fakultas lain.

Baca juga : Syarat Masuk IUP UNDIP Terbaru

Fakultas Psikologi

Selain fakultas Hukum, masih ada fakultas Psikologi yang membuka kuota cukup banyak untuk program kelas Internasional. Fakultas Psikologi juga membuka daya tampung sebanyak 80 siswa. Jadi Kamu yang ingin masuk jurusan psikologi harus memperebutkan 80 kuota tersebut.

Fakultas Kedokteran

Di UGM fakultas kedokteran juga menjadi salah satu fakultas yang sangat bergengsi. Untuk program Kelas Internasionalnya, Fakultas kedokteran memiliki daya tampung sebanyak 75 siswa saja. Kamu sebaiknya ikut bimbangan belajar IUP agar bisa lolos ke fakultas ini.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Untuk kelas IUP pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, daya tampungnya hanya sebanyak 60 siswa saja. Ke empat fakultas di atas memiliki daya tampung yang paling banyak. Untuk fakultas lainnya, daya tampungnya di bawah 50 kursi.

Besar Biaya Perkuliahan IUP UGM

Selain daya tampung IUP UGM hal lain yang juga perlu dicermati sebelum Kamu memutuskan ikut seleksi adalah seputar biaya perkuliahannya. Biasanya program kelas internasional ini memiliki biaya kuliah yang lebih mahal dibanding kelas reguler.

Baca juga : IUP Akuntansi UNDIP

Jika kelas reguler, UKT yang harus dibayarkan biasanya disesuaikan dengan golongan penghasilan orang tua. Sedangkan pada kelas IUP tersebut tidak demikian. Dirangkum dari berbagai sumber, program IUP UGM membutuhkan biaya rata – rata sekitar 30 juta rupiah.

Biaya tersebut bisa saja berubah sesuai dengan ketentuan dan peraturan dari kampus UGM. Selain biaya yang berbeda, fasilitas yang didapatkan dari program IUP juga berbeda dengan kelas reguler. Jika Kamu ingin ikut kelas IUP UGM, maka informasi tersebut penting untuk terus diikuti.

Perbedaan Kelas IUP dengan Kelas Reguler

Salah satu hal utama yang membedakan kelas IUP dengan kelas reguler adalah dalam penggunakan bahasanya. Di kelas IUP Bahasa yang digunakan dominan Bahasa Inggris. Bahkan model pelajaran yang dibagikan dosen juga menggunakan Bahasa Inggris.

Dalam proses belajar mengajar, dosen secara aktif menggunakan Bahasa inggris. Mahasiswa juga wajib berbahasa Inggris ketika melakukan diskusi kelompok dan melakukan kegiatan lainnya. kelas internasional ini dibuat untuk mempersiapkan siswa siap masuk ke dunia internasional.

Jadi wajar saja jika penggunaan Bahasa Inggris sangat ditekankan pada setiap aspek. Kelas IUP ini bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin berkuliah di UGM. Sebelum mengikuti seleksi lebih baik cermati jurusan yang tersedia serta besarnya daya tampung IUP UGM tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *