Perbedaan Biaya Kuliah IUP UNAIR dan Reguler

Perbedaan Biaya Kuliah IUP UNAIR dan Reguler

Biaya kuliah IUP UNAIR memiliki perbedaan dengan kelas reguler pada umumnya karena menyesuaikan adanya program belajar dan fasilitas dari kelas ini. Kuliah IUP merupakan salah satu program yang dibuat guna meningkatkan kemampuan bersaing mahasiswa secara internasional.

Ada beberapa kampus yang ikut menerapkan metode atau program belajar ini mengingat ketatnya persaingan untuk lebih mendunia. Kelas yang memiliki kepanjangan Internasional Undergraduate Program ini menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.

Kampus UNAIR adalah salah satu Universitas di Indonesia yang ikut membuat program IUP ini. Ada beberapa tahap atau tes yang harus dilewati tiap peserta dan kemudian akan dinilai oleh pihak UNAIR apakah layak lolos atau tidak.

Untuk itu tiap peserta harus mempersiapkan segalanya demi mendapatkan kelulusan menjadi seorang mahasiswa UNAIR. Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah menambah ilmu dan membahas soal-soal seputar tes tersebut.

Bimbel IUP adalah solusi bagi Anda yang ingin lebih fokus belajar dan membahas soal-soal khusus. Tentu tes tersebut juga sudah disesuaikan tingkat kesulitannya agar hanya peserta-peserta pilihan dan terbaik yang bisa masuk.

Biaya Kuliah IUP UNAIR Mahal?

Ada perbedaan biaya kuliah per semesternya antara program IUP dengan kelas reguler pada umumnya. Perbedaan tersebut juga terbilang cukup besar dan sering disamakan dengan kelas UM atau jalur Ujian Mandiri.

Baca juga : Biaya Kuliah IUP UNPAD

Terdapat biaya tambahan dalam biaya kuliah IUP UNAIR atau biasa disebut dengan biaya pembangunan. Biaya ini hanya dibayarkan sekali saja di awal perkuliahan, Anda juga bisa menyebutnya seperti uang muka.

Adapun kisaran biaya pembangunan (SPI) di kampus UNAIR adalah Rp15.000.000 – Rp275.000.000 dan biaya kuliah per semesternya bervariasi sesuai dengan jurusan dan fakultas pilihan anda. Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini juga menjadi pembeda dengan kelas reguler.

Dimana kelas reguler akan jauh lebih murah dan memiliki beberapa golongan yang akan menyesuaikan kemampuan setiap mahasiswa. Namun, untuk uang kuliah kelas IUP tidak ada perbedaan dari masing-masing mahasiswa alias dikenakan sama rata.

Sehingga untuk para calon mahasiswa IUP UNAIR juga harus mempersiapkan dana karena biaya kuliah IUP UNAIR yang terbilang mahal. Jika kelas reguler bisa membayar dengan satu digit, namun hal tersebut tidak dengan kelas IUP.

Kelas program IUP juga biasanya lebih banyak mengeluarkan biaya di masa-masa perkuliahan, karena banyaknya program wajib. Salah satunya adalah pertukaran pelajar ke luar negeri untuk mempersiapkan calon alumni yang berpengalaman dan terbaik.

Baca juga : Biaya Kuliah IUP UNDIP

Tips untuk Masuk Kuliah IUP

Perkuliahan IUP di Indonesia kini semakin populer dan diincar oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah. Kampus yang bergengsi dengan program internasional dan bahkan jurusan yang terbaik adalah tujuan dari banyak calon mahasiswa.

Namun, agar semua hal tersebut bisa digapai maka Anda harus mempersiapkan dengan sangat matang. Tips yang bisa kami berikan pada Anda adalah dengan fokus belajar bersama bimbel IUP di tempat anda.

Jika tidak ada bimbel khusus di kota anda, maka sekarang sudah ada banyak bimbel secara daring (online) yang akan sangat membantu anda. Dimana kualitas dari pelayanannya tidak kalah baik bahkan pelajaran dan soal-soalnya juga akan sangat membantu anda.

Mengapa harus mengikuti kelas khusus IUP? Karena kebanyakan bimbingan belajar hanya membahas soal-soal secara umum. Sedangkan bimbel ini akan membantu Anda bahkan mempersiapkan bahasa Inggris yang menjadi salah satu syaratnya.

Artinya, Anda akan dibentuk dan dibimbing lebih fokus menghadapi serangkaian tes untuk dilewati ketika mendaftar di program dengan biaya kuliah IUP UNAIR yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *