Biaya Kuliah IUP UNPAD Mahal? Yuk Cari Tahu Disini

Biaya Kuliah IUP UNPAD Mahal? Yuk Cari Tahu Disini

Program dan biaya kuliah IUP UNPAD menjadi informasi penting yang banyak dicari oleh calon mahasiswa ketika ingin masuk ke kampus PTN di Bandung ini. Sebagaimana yang diketahui bahwa kampus UNPAD menjadi kampus favorit di Bandung.

Calon mahasiswa yang menjadi peserta tidak hanya dari dalam Bandung, namun juga datang dari berbagai daerah di Indonesia. Ini karena UNPAD menjadi kampus dengan kualitas dan fasilitas masuk dalam kategori terbaik di Indonesia.

Jalur masuk yang ditawarkan oleh UNPAD bagi seluruh peserta juga terbilang cukup banyak sama seperti kebanyakan kampus negeri pada umumnya. Setiap jalur tersebut juga memiliki biaya pendaftaran bahkan biaya kuliah per semester yang berbeda-beda seperti biaya kuliah IUP UNPAD juga berbeda.

IUP atau International Undergraduate Program menjadi salah satu jalur yang kini diincar oleh banyak calon mahasiswa. Faktornya karena melihat perkembangan zaman yang semakin cepat dan mengarah ke persaingan secara internasional.

Setiap peserta yang ingin masuk sebagai mahasiswa IUP UNPAD maka harus mampu bersaing melawan banyaknya peserta. Anda bisa mengikuti bimbingan belajar IUP yang lebih fokus membahas soal-soal dan tes dari IUP tersebut.

Jenis-Jenis Jalur Masuk UNPAD yang Perlu Diketahui

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ada beberapa jenis jalur masuk UNPAD secara resmi dibuka setiap tahunnya untuk calon mahasiswa. Penjelasan secara singkat untuk jenis jalur masuk tersebut penting bagi Anda yang ingin menjadi mahasiswa UNPAD.

Baca juga : Biaya Kuliah IUP UNDIP

Pertama, jalur SNMPT yang dilakukan oleh seluruh peserta lulusan SMA/SMA/MA dengan persaingan nilai masing-masing. Kedua, ada jalur SBMPTN yaitu jalur tes tulis yang dapat diikuti bahkan oleh peserta yang lulus sejak setahun sebelumnya.

Ketiga, ada jalur mandiri dan IUP yang sering disebut dengan tes paling mahal karena biaya kuliah IUP UNPAD dan mandiri terbilang fantastis. Biasanya pada kelas IUP akan ada program yang berbeda seperti kelas internasional bahkan ada program exchange keluar negeri.

Biaya pendaftaran dari semua jenis jalur masuk tes ini juga sangat beragam, dimulai dari SNMPTN yang diberikan secara gratis. Selanjutnya SBMPTN sampai mandiri dan IUP memiliki jenjang harga dari Rp500.000 sampai Rp1.750.000.

Besar Biaya Kuliah IUP UNPAD

Setelah berhasil masuk dan menjadi mahasiswa UNPAD maka langkah selanjutnya adalah untuk melakukan pembayaran biaya kuliah. Dari program atau kelas IUP UNPAD ini sendiri, Anda akan dikenakan biaya yang bervariasi tergantung jurusan atau fakultas pilihan anda.

Adapun daftar biaya kuliah IUP UNPAD tidak untuk semua jurusan, karena ada beberapa jurusan yang tidak memiliki kelas IUP seperti di bawah ini.

Baca juga : Biaya Kuliah IUP UGM

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jurusan yang masuk pada daftar program IUP UNPAD di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) adalah Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Bisnis Digital, dan Ekonomi Islam. Dana pengembangan untuk jurusan ini sekitar Rp50.000.000 – Rp65.000.000.

Sedangkan biaya kuliah per semesternya adalah Rp13.000.000 dan jenis kelas IUP ini hanya untuk pelajar dari Indonesia.

Fakultas Farmasi

Dari fakultas Farmasi hanya ada satu jurusan yang bisa Anda pilih untuk program atau jalur tes IUP yaitu jurusan Farmasi. Dengan biaya kuliah yaitu Rp20.000.000 per semesternya dan Rp100.000.000 untuk dana pengembangannya.

Fakultas Teknik Geologi

Terakhir, jurusan dari fakultas Teknik Geologi adalah Teknik Geologi itu sendiri dengan dana pengembangan sekitar Rp65.000.000 dan Rp18.000.000 yang harus dibayar di setiap semesternya.

Jika ingin kuliah di IUP UNPAD maka Anda harus lebih giat dalam berusaha dan berjuang karena biaya kuliah IUP UNPAD tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *