Informasi Seputar Syarat IUP ITB yang Tak Banyak Diketahui

Informasi Seputar Syarat IUP ITB yang Tak Banyak Diketahui

Syarat IUP ITB merupakan hal yang perlu diketahui jika Anda ingin melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi di kelas internasional ITB. Program internasional atau IUP (International Undergraduate Program) ITB sangat cocok untuk lulusan SLTA sederajat yang ingin mendapatkan global exposure.

Tentunya, program IUP ITB memiliki standar yang berbeda jika dibandingkan dengan program kelas reguler. Materi yang diberikan juga berbeda sehingga untuk bisa diterima di program tersebut terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Bahkan, biaya perkuliahan yang harus dibayarkan juga jauh lebih mahal dari program reguler.

Persyaratan Pendaftar Program IUP ITB

IUP ITB diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah dengan atmosfer internasional berstandar tinggi. Jika mengikuti program ini, mahasiswa harus menggunakan bahasa Inggris ketika berinteraksi dengan sesama mahasiswa. Bahkan, ITB juga telah menjalin kemitraan dengan universitas luar negeri. Kemitraan ini membuat mahasiswa program IUP berpotensi mendapatkan global exposure dalam bentuk pertukaran mahasiswa.

Baca juga : Bimbel IUP ITB

Adanya global exposure tentu menjadi keuntungan khusus bagi mahasiswa karena bisa memiliki pergaulan yang lebih luas. Tidak heran kalau terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang ingin masuk ke IUP ITB. Adapun syarat masuk program IUP ITB yang harus dipenuhi adalah:

  • Calon mahasiswa merupakan lulusan SLTA atau sederajat dengan masa aktif ijazah maksimal tiga tahun. Dengan kata lain, calon mahasiswa lulus dari tingkat SLTA paling lama tiga tahun sebelum mengikuti tes.
  • Pada saat mengikuti proses pendaftaran program IUP atau kelas internasional ITB, calon mahasiswa berusia maksimal 22 tahun.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris, dibuktikan dengan dokumen resmi. Adapun dokumen kemampuan berbahasa Inggris yang diterima adalah TOEFL berbasis internet atau IBT dan IELTS. Skor IBT yang diraih minimal adalah 61 atau IELTS dengan minimal skor 5,5.
  • Mengikuti tes masuk IUP ITB dan mendapatkan skor atau nilai potensi akademik yang tinggi. Beberapa tes yang diujikan adalah tes umum SAT dan tes kualifikasi akademik dari ITB. Bagi mahasiswa yang sudah mengikuti tes SAT, maka tidak wajib mengikuti tes kualifikasi akademik ITB. Tes kualifikasi akademik ITB dilakukan apabila calon mahasiswa tidak dapat mengikuti tes umum SAT.
  • Melampirkan nilai akademik yang bagus, dibuktikan dengan dokumen atau rapor yang diperoleh pada saat menempuh studi di sekolah menengah.
  • Khusus untuk program studi Teknik Kimia, Farmasi Klinis, dan Sains & Teknologi Farmasi, calon mahasiswa tidak buta warna sebagian atau total.

Baca juga : IUP FEB UNAIR

Sebelum mengikuti seleksi masuk  IUP ITB, calon mahasiswa juga harus paham mengenai tes AQ ITB yang setara dengan tes kualifikasi akademik. Tes AQ ITB berguna untuk mengukur kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, dan kemampuan penalaran calon mahasiswa IUP ITB. Sehingga tes ini terbilang cukup kompleks dan dalam pengerjaannya hanya diberikan waktu 150 menit untuk menyelesaikan semua soal.

Untuk bisa memenuhi syarat IUP ITB tentunya diperlukan persiapan belajar yang maksimal. Sehingga calon mahasiswa perlu mengikuti program bimbel IUP di lembaga yang berkualitas. Salah satu pilihan lembaga bimbingan terpercaya yang sudah terbukti meluluskan banyak peserta seleksi IUP adalah ESP yang bisa diakses melalui https://bimbel-iup.com/.

ESP menawarkan berbagai program yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa, baik siswa sekolah, calon mahasiswa, atau untuk persiapan memasuki dunia kerja. Terdapat pula beberapa praktik yang akan membuat siswa menjadi lebih menguasai materi bimbingan. Melalui bimbel IUP ITB ini, diharapkan calon mahasiswa bisa lolos ke program IUP pada jurusan yang diinginkan di ITB.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *