3 Program IUP Hukum UGM

3 Program IUP Hukum UGM

Mengikuti salah satu program dari IUP Hukum UGM ternyata sangatlah bagus untuk potensi karir mahasiswa ke depannya. Banyak sekali mahasiswa yang berminat untuk mengambil IUP Hukum UGM sekalipun syaratnya tidaklah mudah. Setidaknya, ada 3 program dari kelas internasional yang ditawarkan oleh fakultas hukum UGM, apa saja itu?

35 Program IUP Hukum UGM

  1. Double Degree

Salah satu keuntungan paling signifikan menjadi mahasiswa di IUP FH UGM adalah tersedianya kesempatan double degree. Artinya, mahasiswa IUP berprestasi memiliki kesempatan untuk memperoleh dua gelar sarjana hukum, satu dari UGM dan satu lagi dari universitas mitra di luar negeri, tanpa harus menghabiskan tiga hingga empat tahun ekstra.

Dalam waktu kurang lebih empat tahun, mahasiswa IUP yang berhasil akan memperoleh gelar Sarjana Hukum dari UGM dan Legum Baccalaureus (Bachelor of Laws / LL.B.) Dari universitas mitra. Fakultas Hukum UGM sedang bernegosiasi dengan lebih banyak calon mitra untuk skema double degree, namun saat ini terdapat dua universitas yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk mengejar double degree, di antaranya adalah:

  • Fakultas Hukum Universitas Charles Darwin, Australia

FH UGM menandatangani kesepakatan dengan Charles Darwin School of Law untuk memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar sarjana hukum: Sarjana Hukum dari UGM dan Legum Baccalaureus dari Charles Darwin University.

Pada program Double Degree ini mahasiswa akan menjalani dua tahun studi di IUP FH UGM dan kemudian melanjutkan selama dua tahun lagi di Charles Darwin School of Law. Pada akhir semester lulusan akan diberikan dua gelar sarjana hukum.

Baca juga : IUP FEB UGM

  • Fakultas Hukum Universitas Maastricht, Belanda.

Program Dual Degree antara FH UGM dengan School of Law di Maastricht University, Belanda akan menjadi peluang yang baik untuk ditekuni oleh mahasiswa. Mahasiswa akan mendapatkan dua gelar berharga secara efektif tanpa kehilangan waktu dalam empat tahun.

Pada program Double Degree ini mahasiswa akan menjalani tahun pertama studi di IUP FH UGM kemudian melanjutkan selama dua tahun di Maastricht University dan menghabiskan satu tahun lagi di IUP FH UGM. Pada akhir semester lulusan akan diberikan dua gelar sarjana hukum.

  1. Student Exchange

Student Exchange adalah kesempatan yang baik bagi mahasiswa Universitas Gadjah Mada untuk memiliki pengalaman belajar di universitas mitra di seluruh dunia. Program ini akan berlangsung selama satu atau dua semester.

  1. Short Course

Short Course mengharuskan mahasiswa mengambil mata kuliah yang memiliki korelasi erat dengan masalah hukum. Akan lebih baik jika mata kuliah tersebut sesuai dengan konsentrasi belajar mahasiswa.

Mahasiswa bisa mengambil kursus ini di beberapa institusi yang memiliki reputasi dan kualifikasi bagus seperti :

  • University of Tokyo
  • Institute of Social Studies
  • International Anti-Corruption Academy
  • Royal Melbourne Institute of Technology

Baca juga : IUP Komunikasi UNDIP

Bisa juga mahasiswa mengambil kursus di LSM seperti :

  • Transparency International
  • Friends of the Earth,
  • Amnesty International

Mahasiswa juga bisa mengambil kelas di organisasi internasional terkemuka seperti :

  • PBB
  • OECD
  • WB
  • ASEAN

Durasi minimum kursus internasional adalah lima hari, karena dianggap sebagai waktu minimum yang sesuai untuk memungkinkan siswa terlibat dengan komunitas internasional. Mahasiswa tidak boleh memilih kursus yang lebih rendah atau lebih tinggi dari kualifikasi akademi.

Sayangnya, untuk bisa mengambil kelas di IUP Hukum UGM tidaklah mudah. Anda harus bisa menaklukkan berbagai persyaratan dan ujian. Jika Anda ingin berhasil mengambil program IUP Fakultas Hukum UGM, maka Anda bisa mengandalkan bimbel IUP UGM dari https://bimbel-iup.com. BIMBEL IUP telah berhasil membuat banyak sekali muridnya lolos tes IUP UGM. Tidak percaya? Coba Anda buktikan sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *