Berapa Biaya IUP ITS Terbaru? Cek Kisarannya di Sini

Berapa Biaya IUP ITS Terbaru? Cek Kisarannya di Sini

Biaya IUP ITS – Biaya kuliah menjadi hal dasar yang sering dipertimbangkan oleh orang tua. Hal ini dikarenakan setiap kampus dan program studi memiliki biaya kuliah yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, jalur masuk yang dilalui calon mahasiswa tersebut juga menjadi penentu biaya kuliah. Namun, jika Anda ingin masuk melalui jalur IUP, pastikan mengecek terlebih dahulu biaya kuliah yang ditetapkan. Anda bisa cek penjelasan berikut mengenai biaya IUP ITS!

Ketahui Kisaran Biaya IUP ITS Terbaru!

Biaya IUP ITS menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mendaftarkan diri. Pastikan Anda sanggup membayar biaya kuliah yang berbeda dengan jalur lainnya. Namun, jika Anda tidak sanggup bisa mendaftarkan beasiswa terlebih dahulu. Nah, mau tahu kisaran UKT IUP ITS? Yuk cek di bawah ini!

  • Biaya Kuliah per Semester

Biaya kuliah yang harus Anda ketahui pertama kali ialah UKT per semester. Sebagaimana namanya, UKT ini dibayarkan setiap semesternya. Dan pastinya jumlah yang harus dibayarkan untuk jalur IUP ialah tidak main-main. Jika Anda Warga Negara Indonesia akan dikenakan UKT sebesar Rp25 juta.

Sedangkan, jika Anda Warga Negara Asing dikenakan biaya $4.500. Bagaimana fantastis bukan? Maka dari itu, pastikan Anda menyiapkannya terlebih dahulu. Jika Anda bisa mendapatkan beasiswa akan menguntungkan untuk diri sendiri serta akan mengurangi beban pikiran.

Baca juga : Syarat IUP ITS

  • Biaya Pengembangan Institusi

Selain biaya kuliah per semester ada biaya lain yang harus Anda persiapkan. Biaya satu ini disebut sebagai sumbangan pengembangan institusi (SPI). Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena SPI hanya diminta pada awal pendaftaran saja dengan jumlah sebesar Rp75 juta. Namun, Anda tidak akan diminta biaya SPI jika berhasil masuk melalui jalur prestasi.

  • Biaya Kuliah Khusus Program Joint Degree

Biaya terakhir yang harus Anda ketahui ialah biaya Joint Degree, namun biaya ini khusus untuk calon mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Biayanya pun berbeda-beda sesuai dengan program studi yang dipilih sebagaimana poin-poin di bawah ini!

  1. Rp30 juta untuk jurusan Naval Architecture
  2. Rp30 juta untuk program studi Mechanical Engineering
  3. Rp20 juta untuk Prodi Marine Engineering

Baca juga : Bimbel IUP ITS

Selain harus mempersiapkan biaya yang tertera di atas, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk tesnya. Tes program sarjana Internasional ini dibagi menjadi 4 pilihan. Berikut opsi tes yang dibuka oleh ITS untuk IUP!

  • Selekas internal kampus yang dinamakan ITS Academic Test.
  • Seleksi nilai UTBK yang bisa diikuti setelah pengumumannya keluar.
  • Hasil Scholastic Aptitude Test (SAT) dari College Board.
  • Jika sekolah Anda memiliki kurikulum Cambridge bisa mengikuti seleksi melalui sertifikat IGCSE.

Demikianlah informasi biaya IUP ITS dan jalur seleksi IUP yang perlu siswa kelas 12 ketahui. Jika ingin memilih jalur seleksi yang ingin diikuti, pastikan sesuai dengan kondisi saat kelas 12 tahun ini. Jika sudah mempersiapkan semuanya secara matang, Anda juga harus menyiapkan diri untuk mengikuti tesnya. Kabarnya tes IUP ITS berbeda dengan tes jalur masuk lainnya. Maka dari itu, Anda bisa mengikuti bimbel IUP yang sudah banyak dibuka oleh tempat bimbel baik online maupun offline.

Salah satu tempat bimbel IUP ITS yang bisa Anda pilih ialah bimbel-iup.com. Di sini Anda bisa mendapatkan potongan harga, jika mengikuti program bimbel kelompok. Selain itu, tutor yang disiapkannya pun mampu dalam bidangnya. Daripada menyesal belakangan, lebih baik daftar sekarang juga! Untuk pendaftaran silahkan buka websitenya yaitu https://bimbel-iup.com.

Sebelum Daftar! Perhatikan Syarat IUP ITS Terbaru

Sebelum Daftar! Perhatikan Syarat IUP ITS Terbaru

Sudah tahu apa saja syarat IUP ITS? IUP merupakan jalur masuk Strata 1 yang dibuka oleh ITS untuk beberapa program studi. Program ini menggunakan bahasa Inggris untuk bahasa utamanya dan dibuka untuk Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing. Selain itu, mahasiswa yang berhasil bergabung melalui jalur masuk ini bisa mengikuti beberapa kegiatan Internasional. Berikut syarat IUP ITS yang wajib Anda siapkan!

Syarat IUP ITS Terbaru yang Harus Anda Ketahui

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia ITS menyediakan beberapa program studi berbasis Internasional. Program Studi tersebut hanya bisa dimasuki melalui jalur IUP. Namun, Anda harus menyiapkan beberapa syarat untuk mendaftarkan jalur berbasis bahasa Inggris ini. Apa saja berkas yang harus Anda siapkan? Yuk cek syarat IUP ITS berikut ini!

  • WNI/WNI yang sudah menamatkan SMA/SMK/Sederajat.
  • Pendaftar tidak boleh tamat SMA/SMK/Sederajat lebih dari 3 tahun saat mendaftar IUP.
  • Memiliki prestasi akademik yang dilihat dari nilai rapor SMA/SMK/Sederajat, skor SAT dan UTBK serta hasil tes akademik ITS.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan tolak ukur TOEFL ITP > 500, TOEFL IBT > 61, TOEFL CBT > 173, IELTS > 6, TOIEIC > 575 dan Duolingo English Test Score >
  • Mengupload CV dan motivation letter dan mengisi surat komitmen orang
  • WNA wajib menyediakan berkas berupa pernyataan kesehatan, surat rekomendasi dan Passport.
  • Pendaftar yang memilih program studi Teknik Kimia, Lingkungan, Geormatika, Geofisika serta Arsitekstur tidak memiliki penyakit buta warna total.

Baca juga : Bimbel IUP ITS

Setelah mengetahui persyaratan yang diperlukan, Anda bisa mengikuti prosedur pendaftaran berikut ini!

  • Melakukan registrasi melalui https://smits.its.ac.id.
  • Membayar biaya pendaftaran sejumlah Rp1 juta untuk WNI dan $100 US untuk WNA sehari sebelum pendaftaran tutup.
  • Menyiapkan beberapa dokumen seperti bukti pendaftaran, foto berwarna 4×6, ijazah SMA/SMK/Sederajat, rapor, sertifikat bahasa Inggris, CV, motivation letter dan surat komitmen orangtua. Bagi WNA menambahkan berkas surat pernyataan kesehatan, surat rekomendasi dan pasport.
  • Pendaftar bisa log in menggunakan KAP atau PIN dan memilih minimal 3 program studi.
  • Pendaftar tidak diperkenankan mengubah pilihan dan tahap selanjutnya harus menandatangani kartu registrasi.

Bagi Anda yang ingin mendaftar di ITS bisa mengikuti beasiswa yang sudah disediakan. Salah satunya ialah KIP-Kuliah. Beasiswa ini merupakan beasiswa prestasi dan berlaku untuk semua program studi ITS dengan akreditasi A.

Namun, sebelum mendaftar pastikan Anda masuk dalam kriteria yang diinginkan oleh ITS. Kriteri pertama yaitu mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Dan untuk kriteri kedua, mahasiswa yang menerima KIP-Kuliah terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran di website yang sudah disediakan.

Baca juga : Jurusan IUP ITB

Selain beasiswa KIP-Kuliah, Anda juga bisa mendaftar beasiswa lain yang disediakan oleh mitra ITS. Beasiswa ini bisa Anda dapatkan setelah menerima IPK dan formulir yang tersedia. Hal ini dilakukan sebagai persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Bagi Anda yang ingin mendaftar melalui jalur IUP bisa mengikuti bimbel IUP ITS untuk menambah peluang masuk. Salah satu bimbingan belajar yang bisa Anda ikuti ialah bimbel IUP. Di sini Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan seperti mentor profesional, biaya relatif murah, record materi, monitoring class dan lain sebagainya.

Anda juga akan dibimbing mulai dari sebelum melakukan pendaftaran IUP hingga selesai melakukan tes. Bukan hanya itu saja, Anda juga dibantu untuk menyiapkan seluruh syarat IUP ITS secara lengkap. Jadi, tunggu apalagi Anda bisa melakukan pendaftaran bimbel sekarang juga di https://bimbel-iup.com/. Pastikan Anda mengajak teman dan membuat kelompok belajar untuk mendapatkan banyak potongan harga!

Daftar Program Bimbel IUP ITS Beserta Keunggulannya

Daftar Program Bimbel IUP ITS Beserta Keunggulannya

Bimbel IUP ITS – Sejak beberapa tahun lalu Universitas di Indonesia memiliki salah satu jalur masuk yang dinamakan IUP. Jalur masuk satu ini sangat berbeda dengan jalur lainnya. Salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia yang menyediakan jalur IUP ialah ITS.

Namun, untuk berhasil tembus IUP perlu usaha yang lebih keras. Maka dari itu, banyak siswa SMA/SMK/ Sederajat sulit menembus jalur ini. Bagi Anda yang ingin berhasil masuk jalur IUP di ITS bisa mengikuti bimbel IUP ITS yang akan dijelaskan berikut ini!

Cara Daftar Program Bimbel IUP ITS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ITS juga memiliki jalur IUP seperti Perguruan Tinggi lainnya. Jika, Anda ingin lulus IUP ITS, selain rajin belajar pastikan semua persyaratannya lengkap. Namun, persyaratan, tes ujian masuk, biaya kuliah dan lain sebagainya dari jalur IUP sangat berbeda dengan jalur masuk lainnya. Untuk mempermudah Anda, silahkan mendaftarkan diri di bimbel IUP ITS dengan cara berikut ini!

  1. Login website resmi bimbel IUP ITS seperti bimbel-iup.com.
  2. Hubungi kontak tertera pada website tersebut.
  3. Sebelum mendaftar, pastikan Anda mempelajari website-nya terlebih dahulu, jika ada yang perlu ditanyakan Anda bisa bertanya melalui kontak yang tertera.
  4. Jika dirasa sudah memahami semua ketentuan tempat bimbel, Anda bisa mendaftarkan diri.
  5. Admin akan mengarahkan Anda mengenai prosedur pendaftaran.

Baca juga : Jurusan IUP ITB

Bagaimana cara mendaftar di bimbel IUP mudah bukan? Selain pendaftarannya yang mudah, tempat bimbel ini juga memiliki keunggulannya tersendiri. Apa saja sih keunggulan bimbel IUP? Yuk simak berikut ini!

  • Fokus Pada Siswa

Di sini para tutor akan fokus terhadap siswa secara menyeluruh. Mulai dari kendala saat belajar, kesulitan yang dihadapi siswa serta hal-hal yang dibutuhkan siswa saat pembelajaran. Dengan begitu, para siswa bisa menceritakan semua keluh kesahnya saat belajar kepada tutor. Sehingga pengajar bisa mencari solusi dari masalah tersebut serta merencanakan metode belajar yang lebih efektif.

  • Record Materi

Tempat bimbel ini juga memberikan Record Materi untuk para siswa atau orang tua. Hal ini bertujuan supaya siswa atau orang tua mengetahui perkembangan pembelajaran yang sudah berlangsung. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menjadi bahan evaluasi pembelajaran yang sudah dilaksanakan.

  • Jadwal Fleksibel

Tempat bimbel ini juga membebaskan para siswa untuk menentukan jadwal pembelajarannya sendiri. Sehingga siswa tidak perlu takut mengganggu aktivitasnya yang lain. Hal ini akan membuat siswa lebih aktif, karena para murid bisa mengikuti berbagai macam kegiatan di luar dan dalam sekolah tanpa takut jadwal bertabrakan dengan bimbel.

Baca juga : Biaya IUP ITB

  • Monitoring Class

Kelas monitoring akan memberikan Anda bimbingan untuk menjalankan tes IUP. Mulai dari persiapan hingga selesai mengikuti tes. Jadi, Anda tidak perlu takut ditinggal di pertengahan pembelajaran. Tempat bimbingan ini tidak hanya memberikan bimbingan saja, namun juga memberikan support untuk siswanya.

  • Efisiensi Biaya

Tempat bimbel ini memiliki banyak potongan harga yang bisa Anda dapatkan. Hal ini untuk mempermudah calon siswa mendaftar dan tidak membuat orang tua mengeluh dengan biaya bimbel yang besar. Namun, potongan harga tersebut berlaku untuk program private kelompok.

Demikianlah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dari bimbel IUP. Maka dari itu, yuk buruan menjadi salah satu anggota bimbel IUP ITS untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Bimbel IUP akan memberikan Anda bimbingan belajar IUP di tempat yang sudah terbukti bukan hanya janji.

mengikuti pembelajaran sedari dini, Anda bisa menjadi salah satu orang yang berhasil masuk Perguruan Tinggi favorit. Jadi tunggu apalagi, buruan daftar bimbel IUP ITS sekarang juga dengan mengunjungi laman berikut https://bimbel-iup.com/.

Ragam Jurusan IUP ITB yang Bisa Dijadikan Pilihan

Ragam Jurusan IUP ITB yang Bisa Dijadikan Pilihan

Jurusan IUP ITB, semuanya telah terakreditasi dan telah memenuhi standar dalam International Undergraduate Program (IUP). Saat Anda mendaftar di program IUP ini pastinya akan mempertimbangkan beberapa hal seperti biaya dan juga jurusan yang akan diambil. Apalagi jurusan di IUP ITB ini mempunyai skala internasional. Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan apa saja pilihan jurusan atau program yang ditawarkan, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ragam Jurusan IUP ITB

ITB memang memiliki banyak sekali program studi yang memiliki akreditasi tinggi. Namun tak semua program studi atau jurusan di ITB masuk ke dalam kelas internasional IUP. Di jurusan IUP ITB ada enam  yang telah di resmikan. Dari keenam jurusan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk memilih jurusan yang tepat.

  1. Sains dan Teknologi Farmasi (Fakultas Farmasi)

Jurusan ini merupakan bagian dari sekolah farmasi ITB yang berorientasi pada pengembangan produk kefarmasian. Tentunya teknologi-teknologi  yang digunakan adalah alat-alat yang sesuai dengan perkembangan industri farmasi saat ini. Di jurusan ini juga ada sebuah penelitian tentang mekanisme kerja obat, dan meneliti tentang obat untuk penyembuhan penyakit. Jurusan ini cocok bagi Anda yang menyukai pengembangan sains dan juga teknologi farmasi.

Baca juga : Biaya IUP ITB

  1. Farmasi Klinis dan Komunitas (Fakultas Farmasi)

Jurusan selanjutnya ini sekilas terdengar sama, tapi ternyata berbeda dengan jurusan di atas. Jurusan Farmasi Klinik dan komunitas ini lebih berorientasi pada pelayanan kefarmasian, dan lebih diarahkan ke pasien. Jurusan ini cocok bagi Anda yang menyukai dunia farmasi atau obat-obatan.

Dalam jurusan ini memerlukan ingatan kuat terhadap kandungan, dan zat aktif pada obat. Lebih hebatnya lagi karena jurusan ini merupakan salah satu dari jurusan IUP ITB, maka pelayanan kefarmasiannya juga untuk kepentingan Internasional.

  1. Teknik Lingkungan (Fakultas Sipil dan Teknik Lingkungan)

Teknik Lingkungan merupakan jurusan yang mempelajari tentang kuratif dan preventif untuk menyelamatkan lingkungan hidup. Seperti air, tanah, udara, dan udara melalui sebuah rekayasa teknik. Rekayasa teknik ini menggunakan alat-alat canggih dan metode untuk meminimalisir efek negatif dari limbah. Jurusan ini cocok bagi Anda yang ingin melestarikan lingkungan hidup dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan mengenai lingkungan.

  1. Teknik Kimia (Fakultas Teknologi Industri)

Teknik Kimia ini adalah jurusan yang berfokus pada teknologi perancangan pabrik. Tentunya dalam skala internasional karena jurusan ini masuk ke IUP ITB. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari proses kimia dan biologis di pabrik agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan harapan. Di dunia industri jurusan ini sedang banyak dicari. Sebagai lulusan dari jurusan Teknik Kimia Anda harus mempunyai kemampuan dalam menangani masalah industri secara luas.

Baca juga : Syarat IUP ITB

  1. Teknik Mekanik (Fakultas mekanik dan Teknik Aeropsace)

Anda pasti sudah tak asing dengan jurusan ini, bahkan dari namanya saja sudah bisa ditebak tentang apa yang harus dipelajari jurusan ini. Jurusan ini mendidik para mahasiswanya untuk terampil dan mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru. Jurusan Teknik Mekanik ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai mesin atau mempunyai hobi untuk mengotak-atik mesin.

  1. Manajemen (Fakultas Ekonomi Bisnis)

Jurusan Manajemenini menjadi jurusan pertama sekaligus menjadi jurusan favorit di kelas internasional. Jurusan ini juga menjadi jurusan yang paling populer dan sering dibicarakan oleh calon mahasiswa baru. Selain menjadi jurusan terpopuler, jurusan manajemen ini menjadi jurusan termahal dari pada jurusan lainnya. Biaya yang mahal ini wajar, karena fasilitasnya berskala internasional.

Itulah keenam jurusan IUP ITB dan gambaran umumnya. Semoga beberapa ulasan di atas bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang Anda miliki. Nah bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan agra semakin siap mengikuti ujian maka disarankan untuk mengikuti bimbel IUP ITB.

Bimbel IUP sendiri merupakan bimbingan belajar yang khusus membimbing Anda dalam program berskala Internasional ini. Dengan menyiapkan sedari awal tentu saja, Anda akan semakin mudah dan lancar untuk menyelesaikan setiap soalnya. Jika Anda berminat bisa langsung cek di https://bimbel-iup.com/. Selamat mencoba!

Kisaran Biaya IUP ITB Beserta Mekanisme Pembayarannya

Kisaran Biaya IUP ITB Beserta Mekanisme Pembayarannya

Biaya IUP ITB menjadi hal yang wajib diketahui bagi lulusan SMA/SMK yang ingin menimba ilmu di Internasional Undergraduate Program (IUP) kampus ITB. Kelas internasional ITB ini membuat para mahasiswanya mampu beradaptasi dan bergaul secara global. Tentunya dengan kelas internasional ini biaya yang dikeluarkan tidaklah murah. Berapa kisaran biaya untuk program bergengsi di ITB ini? Berikut akan disajikan informasi lebih lengkapnya.

Biaya Program IUP

Kelas internasional ini memiliki biaya yang lebih mahal dari kelas reguler, namun fasilitas dan pelayanannya tentu berbeda dengan kelas reguler. Para mahasiswa di kelas ini juga bisa meraih global exposure yaitu pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Berikut ini beberapa informasi mengenai rincian biaya yang harus dipahami mahasiswa.

  • Biaya pendaftaran masuk IUP ITB sebesar Rp 1.000.000. Biaya pendaftaran ini dibebankan pada calon mahasiswa yang ingin mendaftar di Program IUP ITB.
  • Biaya tes IQ, saat mendaftar di program ini, calon mahasiswa haruslah mengikuti tes IQ terlebih dahulu yang mengeluarkan biasa sebesar Rp 1.250.000. Biaya ini hanya untuk satu kali tes saja.
  • Biaya perkuliahan bagi mahasiswa dalam negeri dengan jurusan di luar program manajemen, yaitu sebesar Rp 30.000.000 untuk 1 semesternya.
  • Biaya perkuliahan bagi mahasiswa dalam negeri dengan jurusan program manajemen, yaitu sebesar Rp 40.000.000 untuk 1 semesternya.
  • Biaya pendaftaran bagi mahasiswa luar negeri yaitu sebesar Rp 22.500.000 yang harus di bayarkan lunas pada saat pendaftaran menjadi mahasiswa baru di IUP ITB.
  • Biaya perkuliahan bagi mahasiswa luar negeri dengan jurusan di luar program manajemen, yaitu sebesar Rp 42.000.000 untuk 1 semesternya
  • Biaya perkuliahan bagi mahasiswa luar negeri dengan jurusan program manajemen, yaitu sebesar Rp 46.500.000 untuk 1 semesternya.

Baca juga : Syarat IUP ITB

Biaya yang di keluarkan untuk IUP ITB memanglah mahal, namun fasilitas yang diberikan pastinya sesuai dengan biaya yang telah dikeluarkan. Namun perlu kamu ketahui biaya di atas tidak termasuk beberapa hal berikut :

  • Biaya tambahan program di Universitas luar negeri. Biaya ini di paparkan secara terpisah karena tergantung dengan program studi yang di ambil di Universitas tujuan
  • Biaya hidup dan akomodasi yang perlu dikeluarkan selama perkuliahan.
  • Biaya pembelian buku-buku yang diperlukan saat proses perkuliahan.

Mekanisme Pembayaran

Setelah mengetahui rincian biayanya di atas, ada beberapa hal lagi yang perlu Anda perhatian, yaitu mengenai mekanisme pembayarannya. Berikut ini adalah beberapa mekanisme pembayarannya biaya IUP ITB yang perlu diperhatikan dengan cermat.

Baca juga : Bimbel IUP ITB

  • Perhatikan prosedur pembayarannya biaya perkuliahan yang ada di web resmi ITB ataupun universitas yang bekerja sama.
  • Setiap bentuk biaya pembayaran pendaftaran dan tes, wajib di bayar lunas saat melakukan pendaftaran. Dalam melakukan pembayaran ini, di harapkan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini tidak ada kompensasi saat ada kesalahan ataupun telat dalam melakukan pembayaran.
  • Semua rincian biaya di atas tidak termasuk biaya admin transfer antar bank.
  • Setiap mahasiswa wajib membayar buaya perkuliahan di awal, setelah memperoleh pengumuman di terima di program studi pilihan.
  • Tidak ada pengembalian biaya jika calon mahasiswa tidak lolos tes ataupun seleksi.

Itulah beberapa ulasan mengenai rincian biaya IUP ITB dan juga mekanisme pembayarannya yang wajib kamu cermati. Selain biaya, hal lain yang perlu Anda siapkan adalah kematangan belajar, agar waktu tes Anda bisa lolos dan semua biaya yang Anda keluarkan tidak sia-sia.

Untuk semakin meningkat pemahaman, Anda bisa mengikuti bimbel IUP yang akan membimbing Anda untuk mengikuti IUP. Dengan mengikuti bimbel IUP ITB tentu sajaa persiapan yang dilakukan jauh lebih matang dan Anda pun semakin siap untuk mengikuti ujiannya. Nah, untuk informasi lebih lengkap terkait bimbel IUP ini bisa cek di https://bimbel-iup.com/.

Informasi Seputar Syarat IUP ITB yang Tak Banyak Diketahui

Informasi Seputar Syarat IUP ITB yang Tak Banyak Diketahui

Syarat IUP ITB merupakan hal yang perlu diketahui jika Anda ingin melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi di kelas internasional ITB. Program internasional atau IUP (International Undergraduate Program) ITB sangat cocok untuk lulusan SLTA sederajat yang ingin mendapatkan global exposure.

Tentunya, program IUP ITB memiliki standar yang berbeda jika dibandingkan dengan program kelas reguler. Materi yang diberikan juga berbeda sehingga untuk bisa diterima di program tersebut terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Bahkan, biaya perkuliahan yang harus dibayarkan juga jauh lebih mahal dari program reguler.

Persyaratan Pendaftar Program IUP ITB

IUP ITB diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah dengan atmosfer internasional berstandar tinggi. Jika mengikuti program ini, mahasiswa harus menggunakan bahasa Inggris ketika berinteraksi dengan sesama mahasiswa. Bahkan, ITB juga telah menjalin kemitraan dengan universitas luar negeri. Kemitraan ini membuat mahasiswa program IUP berpotensi mendapatkan global exposure dalam bentuk pertukaran mahasiswa.

Baca juga : Bimbel IUP ITB

Adanya global exposure tentu menjadi keuntungan khusus bagi mahasiswa karena bisa memiliki pergaulan yang lebih luas. Tidak heran kalau terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang ingin masuk ke IUP ITB. Adapun syarat masuk program IUP ITB yang harus dipenuhi adalah:

  • Calon mahasiswa merupakan lulusan SLTA atau sederajat dengan masa aktif ijazah maksimal tiga tahun. Dengan kata lain, calon mahasiswa lulus dari tingkat SLTA paling lama tiga tahun sebelum mengikuti tes.
  • Pada saat mengikuti proses pendaftaran program IUP atau kelas internasional ITB, calon mahasiswa berusia maksimal 22 tahun.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris, dibuktikan dengan dokumen resmi. Adapun dokumen kemampuan berbahasa Inggris yang diterima adalah TOEFL berbasis internet atau IBT dan IELTS. Skor IBT yang diraih minimal adalah 61 atau IELTS dengan minimal skor 5,5.
  • Mengikuti tes masuk IUP ITB dan mendapatkan skor atau nilai potensi akademik yang tinggi. Beberapa tes yang diujikan adalah tes umum SAT dan tes kualifikasi akademik dari ITB. Bagi mahasiswa yang sudah mengikuti tes SAT, maka tidak wajib mengikuti tes kualifikasi akademik ITB. Tes kualifikasi akademik ITB dilakukan apabila calon mahasiswa tidak dapat mengikuti tes umum SAT.
  • Melampirkan nilai akademik yang bagus, dibuktikan dengan dokumen atau rapor yang diperoleh pada saat menempuh studi di sekolah menengah.
  • Khusus untuk program studi Teknik Kimia, Farmasi Klinis, dan Sains & Teknologi Farmasi, calon mahasiswa tidak buta warna sebagian atau total.

Baca juga : IUP FEB UNAIR

Sebelum mengikuti seleksi masuk  IUP ITB, calon mahasiswa juga harus paham mengenai tes AQ ITB yang setara dengan tes kualifikasi akademik. Tes AQ ITB berguna untuk mengukur kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, dan kemampuan penalaran calon mahasiswa IUP ITB. Sehingga tes ini terbilang cukup kompleks dan dalam pengerjaannya hanya diberikan waktu 150 menit untuk menyelesaikan semua soal.

Untuk bisa memenuhi syarat IUP ITB tentunya diperlukan persiapan belajar yang maksimal. Sehingga calon mahasiswa perlu mengikuti program bimbel IUP di lembaga yang berkualitas. Salah satu pilihan lembaga bimbingan terpercaya yang sudah terbukti meluluskan banyak peserta seleksi IUP adalah ESP yang bisa diakses melalui https://bimbel-iup.com/.

ESP menawarkan berbagai program yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa, baik siswa sekolah, calon mahasiswa, atau untuk persiapan memasuki dunia kerja. Terdapat pula beberapa praktik yang akan membuat siswa menjadi lebih menguasai materi bimbingan. Melalui bimbel IUP ITB ini, diharapkan calon mahasiswa bisa lolos ke program IUP pada jurusan yang diinginkan di ITB.

Apa itu Bimbel IUP ITB? Yuk Kenali Lebih Dalam

Apa itu Bimbel IUP ITB? Yuk Kenali Lebih Dalam

Bimbel IUP ITB merupakan program bimbingan belajar untuk mempersiapkan masuk ke perguruan tinggi melalui jalur IUP. IUP sendiri merupakan program masuk perguruan tinggi yang khusus untuk kelas Internasional. Dengan demikian, IUP memiliki berbagai perbedaan dengan jalur masuk lainnya. Mulai dari materi ujian, standar perkuliahan, biaya kuliah, lingkungan belajar, hingga gelar yang didapatkan setelah menyelesaikan studi.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang maksimal untuk bisa masuk ke universitas bergengsi seperti UGM, ITB, UNAIR, UNPAD, atau UNDIP melalui jalur IUP. Salah satunya caranya adalah dengan mengikuti program bimbel IUP di lembaga yang sudah terbukti kualitasnya.

Mengenal Program IUP ITB

ITB atau Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia yang berlokasi di Kota Bandung. Seperti yang diketahui, ITB terkenal dengan standarnya yang tinggi dalam proses perkuliahan untuk setiap program studi yang ditawarkan. Selain membuka kelas reguler, IT juga menyediakan kelas internasional atau disebut IUP (International Undergraduate Program).

Hal ini membuka peluang bagi lulusan SMA atau sederajat yang ingin mendapatkan ilmu berstandar internasional dari ITB. Dengan dibukanya program kelas internasional, ITB dapat meningkatkan mutu pendidikannya sekaligus lebih siap menghadapi persaingan global. Apalagi semakin ke sini iklim persaingan dunia pendidikan sudah semakin bervariasi.

Baca juga : IUP FEB UNAIR

Melalui program IUP, ITB berusaha untuk bisa menatap dunia sebagai hal yang luas, namun tetap bisa dijangkau. Proses perkuliahan untuk program sarjana S1 Internasional bukan hanya melibatkan dosen internal, tetapi juga dosen universitas luar negeri. Dalam kelas Internasional, percakapan yang terjalin antar mahasiswa tentunya wajib menggunakan bahasa Inggris.

Jurusan yang Ditawarkan untuk Program IUP ITB

Tentunya, program IUP tidak tersedia untuk semua jurusan atau program studi yang ada di ITB. Hal ini dikarenakan untuk membuka program IUP, ada standar atau akreditasi yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sehingga, hanya beberapa jurusan yang sudah memenuhi standar saja yang diperbolehkan membuka program IUP.

Hingga saat ini, ITB setidaknya sudah membuka program internasional di enam jurusan. Enam pilihan yang ditawarkan ini perlu diketahui bagi siswa SMA atau sederajat yang akan mengikuti bimbel IUP ITB. Adapun enam pilihan jurusan di ITB yang sudah resmi membuka program IUP adalah:

  • Sains dan Teknologi Farmasi (Fakultas Farmasi)
  • Klinis dan Komunitas (Fakultas Farmasi)
  • Fakultas Sipil dan Teknik Lingkungan (Teknik Lingkungan)
  • Teknik Kimia (Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas Mekanik dan Teknik Aeropsac) (Teknik Mekanik)
  • Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Baca juga : Jadwal Pendaftaran IUP UNAIR

Keenam pilihan jurusan tersebut bisa Anda jadikan pilihan untuk menimba ilmu setelah menyelesaikan pendidikan di SMA atau sederajat. Setelah lulus dari jurusan-jurusan di atas pada kelas internasional atau IUP, Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Internasional.

Itulah penjelasan mengenai program IUP ITB yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang sedang mencari tahu soal PTN ini. Jika berminat masuk ke program IUP, Anda bisa mengikuti bimbel IUP dari https://bimbel-iup.com/ yang siap menghantarkan ke kelas IUP idaman. Di sana Anda akan didampingi oleh tentor berpengalaman yang ramah dan asyik.

Dengan mengikuti program bimbel IUP ITB di https://bimbel-iup.com/, Anda akan diberikan latihan try out selama beberapa kali sebagai bentuk evaluasi sekaligus untuk menguji keberhasilan belajar. Tersedia juga pembelajaran online yang memudahkan siswa yang berasal dari luar daerah maupun luar negeri. Yuk, segera ikuti program bimbel IUP ITB dan bersiaplah menjadi bagian dari kampus teknik terbaik di Indonesia!

IUP FEB UNAIR, Berikut Prosedur Pendaftarannya

IUP FEB UNAIR, Berikut Prosedur Pendaftarannya

Universitas Airlangga sendiri menyediakan program International Undergraduate Program atau IUP FEB UNAIR. Selain dari fakultas ekonomi dan bisnis beberapa fakultas lainnya juga menyediakan program kelas internasional ini.

Seperti fakultas kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, farmasi, hukum dan psikologi. Dengan begitu beberapa calon mahasiswa atau pendaftar dapat memilih fakultas dan prodi mana yang cocok.

Banyak keuntungan didapatkan jika mengikuti program IUP UNAIR tersebut. Mulai dari pengajar atau dosen berasal dari tenaga yang profesional dibidangnya masing-masing dan sudah sesuai dengan standar berlaku.

Standar pembelajaran yang diberlakukan sudah seusai dengan standar internasional. Semua aktivitas pembelajaran pada program IUP juga dilakukan menggunakan bahasa inggris, baik secara tertulis ataupun lisan.

Jadi kompetensi yang dimiliki oleh calon mahasiswa juga harus memenuhi beberapa persyaratan. Dimana salah satunya dalam tes kemahiran bahasa inggris baik TOEFL, IELTS ataupun ELPT UNAIR.

Hal ini bertujuan agar nantinya lulusan dari program kelas internasional dapat bersaing. Baik di dalam maupun di luar negeri, sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran IUP UNAIR

Program Studi untuk IUP FEB UNAIR

Pada fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga sendiri memiliki beberapa program studi yang bisa didaftarkan untuk kelas internasional. Contohnya seperti prodi Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Islam.

Tentu pilihan prodi tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan standar yang sudah disesuaikan secara internasional. Karena dengan begitu lulusan dihasilkan akan bisa bersaing dikancah internasional.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua kegiatan akan dilakukan menggunakan bahasa inggris. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan mahasiswa jika ingin mengikuti kegiatan global exposure yang tinggi.

Pihak UNAIR sendiri mengharuskan mahasiwa program ini untuk mendapatkan global exposure atau paparan global sebanyak mungkin. Terdapat dua jenis eksposur yang bisa dipilih oleh para mahasiswanya.

Yaitu eksposur double degree, jadi mahasiwa nantinya akan mendapatkan dua gelar sekaligus jika mengikuti double degree ini. Satu gelar dari UNAIR, gelar lainnya dari Universitas Mitra di luar negeri.

Eksposur lainnya dapat berupa mengikuti program perolehan kredit, non kredit, dan pertukaran pelajar ke luar negeri. Terutama ke universitas yang sudah menjalin kemitraan dengan UNAIR.\

Baca juga : Jadwal Pendaftaran IUP UNPAD

Eskposur ini dikhususkan untuk mahasiswa yang tidak mengikuti program double degree saja. Dengan menjalankan sistem global exposure ini mahasiswa dapat merasakan suasana pembelajaran lebih maju dan relevan.

Dengan program IUP, membuat mahasiswa dapat merasakan dan memunculkan potensi selama ini belum diketahui secara penuh. Maka dari itu UNAIR membuka beberapa fakultas dengan program IUP untuk memperluas kesempatan mahasiswa.

Prosedur Pendaftaran IUP FEB UNAIR

Untuk mendaftarkan diri tentu UNAIR telah mempersiapkan beberapa prosedur yang harus dilalui. Berikut beberapa urutan atau prosedur untuk mendaftarkan diri pada program IUP oleh Universitas Airlangga.

  1. Mempersiapkan softcopy dari beberapa dokumen yang diminta.
  2. Membuat akun dan login jika sudah memiliki akun di laman https://pendaftaran.unair.ac.id/auth/registrasi.
  3. Memilih program studi yang diinginkan.
  4. Melengkapi form registrasi serta mengunggah softcopy dokumen dengan tepat dan sesuai format.
  5. Mengunggah surat motivasi, pernyataan sanggup membayar biaya, dan surat deklarasi.
  6. Tunggu proses verifikasi dan jika sudah akan mendapatkan email/SMS kode voucher untuk melakukan pembayaran pendaftaran. Setelah itu bayar sejumlah yang diminta.
  7. Login kembali ke akun pendaftaran dan masukkan voucher pin agar bisa mencetak kartu ujian.
  8. Ikuti ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Mengikuti ujian masuk IUP ini memang perlu persiapan antara lain dapat mengikuti bimbingan belajar IUP atau belajar mandiri. Bagaimanapun itu lakukan dengan usaha sebaik mungkin agar lolos IUP FEB UNAIR.

Jadwal Pendaftaran IUP UNAIR, Berikut Persyaratannya

Jadwal Pendaftaran IUP UNAIR, Berikut Persyaratannya

Mencari detail dari jadwal pendaftaran IUP UNAIR oleh beberapa calon mahasiswa memang diperlukan. Apalagi jika ingin merasakan bagaimana kegiatan belajar mengajar dengan standar internasional dilakukan di Universitas Airlangga ini.

IUP atau International Undergraduate Program dari UNAIR merupakan salah satu program tingkat sarjana. Dengan program IUP ini, mahasiswa nantinya bisa merasakan perkuliahan menggunakan bahasa inggris serta sesuai standar internasional.

Tentu tujuan dari beberapa mahasiswa yang ingin mengikuti program IUP ini berbeda dengan kelas reguler. Dimana biasanya bertujuan agar lebih banyak mendapatkan pengaruh dari kegiatan secara internasional.

Baik untuk pertukaran pelajar, short course hingga program double degree. Pada program double degree, mahasiswa nantinya akan mendapatkan dua gelar, dari Universitas Airlangga dan Universitas luar negeri yang menjadi partner.

Jadi diharapkan mahasiswa hasil lulusan dari program IUP UNAIR menjadi lebih berkompeten baik di dalam maupun di luar negeri. Tentu program kelas internasional UNAIR ini memiliki beberapa syarat khusus.

Berbeda dengan kelas regular, program IUP ini menggunakan standarisasi pembelajaran secara internasional. Berikut beberapa persyaratan pendaftaran IUP yang harus dipenuhi, baik syarat umum atau khusus.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran IUP UNPAD

Syarat Umum dan Khusus Pendaftaran IUP

Sebelum memperhatikan jadwal pendaftaran IUP UNAIR secara detail, lebih baik perhatikan beberapa persyaratan umum dan khusus untuk pendaftaran. Berikut beberapa syarat untuk bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa IUP.

  1. Untuk lulusan dalam negeri atau WNI lulusan luar negeri, lulusan SMA/MA/SMK pada tahun 2019, 2020 serta menyertakan ijazah.
  2. Skor minimal untuk kemahiran bahasa inggris adalah TOEFL ITP 500, IBT 60, CBT 173, IELTS 5,5 atau menggunakan ELPT UNAIR 500.
  3. Tidak memiliki masalah kesehatan yang berpotensi akan mengganggu studi nantinya.
  4. Bagi pendaftar dari luar negeri, harus memenuhi syarat lulusan SMA atau sederajat tahun 2019 dan 2020, untuk lulusan 2021 harus melampirkan surat pernyataan lulus yang telah ditanda tangani oleh kepala sekolah dan foto terbaru pendaftar.
  5. Skor minimal untuk kemahiran bahasa inggris adalah TOEFL ITP 500, IBT 60, CBT 173, IELTS 5,5 atau menggunakan ELPT UNAIR 500.
  6. Jika nanti sudah resmi dinyatakan sebagai mahasiwa UNAIR, harus memiliki surat persetujuan dari Pemerintah RI.
  7. Memiliki surat rekomendasi dari KBRI negara asal.
  8. Mendapatkan pernyataan sehat dari Tim kesehatan UNAIR.
  9. Terdapat beberapa program studi yang menyediakan program IUP ini. Seperti Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kedokteran Gigi, Hukum, Farmasi dan lainnya.
  10. Syarat khusus untuk pendaftar program studi Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kedokteran Gigi tidak memiliki buta warna total.
  11. Bagi pendaftar prodi Farmasi tidak memiliki buta warna baik sebagian ataupun total.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran IUP UNDIP

Jadwal Pendaftaran IUP UNAIR serta Persiapan Seleksi

Untuk detail dari pendaftaran kelas internasional Universitas Airlangga mulai dari pendaftaran online hingga pengumuman kelulusan. Berikut ini beberapa urutan jadwal pembukaan pendaftaran online IUP UNAIR.

  1. Pendaftaran online 18 Januari hingga 28 Februari 2021.
  2. Verifikasi, pengumuman hasil, serta revisi dokumen 18 Januari hingga 1 Maret 2021.
  3. Pembayaran biaya daftar 18 Januari hingga 2 Maret 2021.
  4. Pengumuman seleksi administratif tanggal 4 Maret.
  5. Pelaksanaan tes dan wawancara tanggal 7 Maret 2021. Tes berupa Tes Potensi Akademik dan Wawancara. Dimana bisa dilakukan persiapan melalui belajar mandiri atau mengikuti Bimbel IUP oleh lembaga Bimbel tertentu.
  6. Pengumuman hasil akhir tanggal 10 Maret 2021.

Untuk biaya pendaftaran sendiri sebesar Rp. 1.250.000 hingga Rp. 2.000.000 tergantung asal peserta. Perhatikan jadwal pendaftaran IUP UNAIR tersebut agar bisa mempersiapkan dengan matang seleksi yang akan diikuti.

Jadwal Pendaftaran IUP UNPAD, Informasi Selengkapnya

Jadwal Pendaftaran IUP UNPAD, Informasi Selengkapnya

Jika ingin mendaftarkan program kelas internasional, perhatikan jadwal pendaftaran IUP UNPAD. Universitas Padjadjaran atau UNPAD memberikan beberapa pilihan untuk calon mahasiswanya, program perkuliahan mana yang akan didaftarkan.

Salah satu program yang menjadi unggulan di UNPAD sendiri adalah IUP atau International Undergraduate Program. Dimana pada program ini standar dan kurikulum yang digunakan sesuai dengan standar internasional.

Mulai dari kegiatan pembelajaran yang menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi. Selain itu juga dirancang baik untuk calon mahasiswa Indonesia ataupun internasional yang ingin merasakan pembelajaran berstandar internasional.

Program ini baru memiliki beberapa pilihan untuk program studi yang bisa Anda pilih. Seperti program studi Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, Ekonomi Islam, Teknik Geologi, Farmasi, serta Bisnis Digital.

Untuk calon mahasiswanya bisa berasal dari Warga Negara Asing (WNA) dengan persyaratan tertentu dan Warga Negara Indonesia. Serta tahun kelulusan dari SMA/SMK/MA atau sederajat pada 2021, 2020, 2019.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran IUP UNDIP

Calon peserta yang diperbolehkan mendaftarkan kelas internasional UNPAD ini berusia maksimal 22 tahun. Berikut beberapa persyaratan serta prosedur yang harus dilalui untuk proses pendaftaran program IUP UNPAD.

Syarat dan Prosedur Pendaftaran IUP UNPAD

Terdapat beberapa persyaratan dan prosedur harus dipenuhi agar dapat mendaftarkan sebagai calon peserta program IUP Universitas Padjadjaran. Berikut detail dari pendaftaran IUP Universitas Padjadjaran sesuai jadwal pendaftaran IUP UNPAD.

  1. Syarat umum pertama adalah memiliki ijazah dalam bahasa inggris, jika belum, bisa diterjemahkan menggunakan penerjemah resmi.
  2. Mahir dalam bahasa inggris, dapat dibuktikan dengan cara mengirim salinan digital dari sebuah tes TOEFL atau IELTS. Untuk batasan skot pada program studi tertentu hubungi [email protected]
  3. Persyaratan umum lainnya dapat Anda periksa di website http://smup.unpad.ac.id/international-student/international-undergraduate-program-iup/.
  4. Setelah melengkapi persyaratan umum di atas, proses registrasi sudah bisa dilanjutkan melalui website https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.
  5. Melengkapi data diri melalui portal pendaftaran tersebut, mulai dari nama lengkap sesuai dengan akta kelahiran atau dokumen sah lainnya.
  6. Mengisi data nomor KTP untuk peserta dari Indonesia atau passport jika peserta dari luar negeri
  7. Alamat email yang sudah dimiliki, serta nomor telepon yang aktif.
  8. Membuat password untuk mengakses SMUP.
  9. Memilih kewarganegaraan asal Anda.
  10. Memberikan bukti kemahiran bahasa inggris dengan menunjukkan bukti sertifikat TOEFL, IELTS atau TKBI.
  11. Mengunggah hasil scan dari dokumen yang diperlukan, seperti ijazah, kartu peserta UTBK UNPAD, pas foto terbaru, KTP dan dokumen lainnya bisa diperiksa di link http://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-international/.
  12. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000 kepada bank yang sudah ditentukan.

Detail Jadwal Pendaftaran IUP UNPAD Serta Persiapannya

Untuk penerimaan calon mahasiswa, tentu akan dilakukan penilaian dimana berasal dari nilai dari buku rapor. Setelah itu nilai UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer serta dari tes kemahiran bahasa inggris.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran IUP UGM

Jadi Anda sebagai peserta tidak perlu melakukan ujian kembali untuk mendaftarkan sebagai mahasiswa program IUP tersebut. Jadi persiapan yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan tepat.

Serta masih bisa memanfaatkan bimbingan belajar IUP untuk meningkatkan nilai tes kemahiran bahasa inggris dijauh hari. Dan usahakan jangan melakukan pendaftaran mendekati deadline tanggal pengunggahan dokumen.

Jika nantinya dokumen peserta terdapat kesalahan maka masih bisa dikoreksi oleh panitia pendaftaran asalkan dalam rentang waktu pendaftaran. Berikut ini detail tanggal pendaftaran harus diperhatikan agar bisa mempersiapkan dengan matang.

Pendaftaran dan pembayaran biaya, pengunggahan data diri pada akun, berkas online dan dokumen lainnya dari tanggal 12 Mei hingga 17 Juni. Pengumuman penerimaan hasil kelulusan pada tanggal 2 Juli 2021.

Lakukan persiapan sejak jauh hari agar saat datang pendaftaran menjadi lebih siap. Perhatikan jadwal pendaftaran IUP UNPAD untuk mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil yang memuaskan.